Lomba Foto Canon Photo Marathon 2019

Canon Photo Marathon Indonesia Jogja 2019, Seru!

Lomba foto bertema udah biasa ya, tapi kalo lomba foto bertema dengan durasi waktu yang singkat, nah ini seru. Inilah cerita Saya mengikuti Canon Photo Marathon Indonesia (CPMI) 2019 di Jogja.

Tahun ini merupakan tahun ke-11 acara CPMI. Ternyata acara ini sudah digelar cukup lama. Karena memang Saya belum begitu serius sama fotografi (lebih tepatnya belum punya peralatannya sih, hehe), jadi ya gak pernah ikutan.

Nah, kebetulan tahun ini ada ajakan untuk ikutan, akhirnya Saya memberanikan diri.

Undangan Khusus

Sedikit informasi, Canon Photo Marathon Indonesia 2019 di Jogja ini mengundang teman-teman media untuk ikut serta dalam acara sebagai kontestan.

Awalnya Saya mikir, waah pasti pesertanya udah pada ngerti teknik fotografi, Saya minder doong. Tapi akhirnya setelah Saya pikir ulang, kesempatan belum tentu datang berikutnya.

Akhirnya ikutan deh sebagai peserta, dengan modal keberanian dan kamera sewaan, hahaha.

Eitss, memang sih media dapat undangan khusus, tapi bukan berarti dapat privillage lho. Sama aja dengan peserta lainnya, ikutan antri registrasi, ikutan hunting foto, ikutan antri upload foto, dan ikut deg-degan nunggu pengumuman.

Para Peserta Canon Photo Marathon Indonesia 2019
Foto: Rizki

Pertama Kalinya Ikut Lomba

Sepanjang karir Saya, memang Saya jarang banget ikutan lomba. Baik itu lomba menulis, fotografi, dan lomba lainnya.

Nah menjadi peserta CPMI inilah pertama kalinya Saya mengikuti lomba fotografi. Biasanya cuma ikut kontes foto di Instagram aja, hehe.

Hampir setiap orang yang baru pertama kali ikut lomba pasti akan merasa deg-degan dan khawatir ya. Kepikiran minder juga pasti ada. Gimana gak, alat yang temen-temen pake udah pada banyak yang pro, meski ada juga yang pakai kamera digital biasa.

BACA JUGA: Foto Keren Meski di Kondisi Low Light

Lomba Foto Marathon

Lomba CPMI ini adalah jenis marathon, ya konsepnya mirip lari. Jadi setiap peserta akan diberi tantangan memotret dengan tema yang ditentukan, dengan waktu yang terbatas.

Ada 3 tema dalam lomba ini yang masing-masing diberi waktu 1 jam termasuk upload, kecuali tema terakhir karena waktunya bersamaan dengan waktu istirahat, jadi diberikan waktu lebih lama, kurang lebih 1 jam 45 menit.

Tema pertama adalah Segar, tema kedua Garis Unik, dan ketiga Kekayaan Indonesia.

Disinilah keseruan lomba foto ini, peserta dituntut kreativitasnya memotret obyek sesuai tema dalam waktu yang cukup singkat. Buat pemula seperti Saya tentu saja ini sebuah tantangan. Karena biasanya kalau mau motret ya bebas kapan aja waktunya, hehe.

Meski dilaksanakan di Yogyakarta, tapi ribuan peserta yang hadir berasal dari berbagai daerah lho.

Serunya ikut event dengan peserta dari berbagai macam daerah adalah menambah koneksi dan pertemanan sesama pencinta fotografi.

Para Pemenang Lomba

Setiap perlombaan tentu ada pemenangnya, pemenang dibagi menjadi 4 jenis. Pertama pemenang kategori pelajar, pemenang tema 1 kategori umum, pemenang tema 2 kategori umum, dan pemenang tema 3 kategori umum.

Saking antusiasnya ikut lomba ini, Saya ga sempat mengabadikan foto para pemenang lomba, tapi kalian bisa lihat pada tautan berikut.

Pengalaman yang luar biasa bisa mengikuti kegiatan ini. Buat kalian yang menyukai fotografi, gak ada salahnya mengikuti berbagai event lomba, baik online maupun offline, supaya mengasah kemampuan dalam fotografi.

Semoga bisa ikut lagi di kegiatan lomba fotografi lainnya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: