cara dapat uang tambahan

Cara Dapat Uang Tambahan di Era Teknologi Informasi

Gimana sih cara dapat uang tambahan? Mungkin ini pertanyaan yang sering kamu lontarkan ke diri sendiri maupun bertanya pada orang lain. Ya sekarang, siapa sih yang ga pengen dapetin uang jajan lebih, syukur-syukur bisa dapetin uang jajan yang gak sedikit. Era teknologi informasi yang semakin ciamik ini bisa loh kamu manfaatin supaya bisa dapat tambahan penghasilan. Meskipun saat ini kamu sudah memiliki profesi tertentu, misal PNS, karyawan Swasta, maupun mahasiswa ataupun pelajar.

Nah berikut beberapa cara yang bisa kamu pertimbangkan supaya bisa dapetin uang tambahan lebih secara online.

1. Jualan Online

Jualan Online
Gambar oleh Photo Mix dari Pixabay

Makin berkembangnya teknologi, maka makin besar peluang kamu cari cara dapat uang tambahan secara online. Sudah banyak yang melakukan hal ini memang, dan tidak semuanya berhasil. Tapi ini bisa kamu terapin kalau kamu punya tekad yang besar dan gak berhenti belajar.

Ada beberapa contoh anak muda yang bisa kamu tiru semangatnya dalam membangun bisnis online. Salah satunya adalah Nicholas Kurniawan. Pemuda ini sudah menjalankan usaha jualannya sejak kelas 2 Sekolah Dasar demi membantu keuangan Orang Tuanya.

Kisahnya berlanjut saat ia dihadiahi ikan yang kemudian jadi bisnisnya. Ia memulai berjualan ikan hias yang awalnya iseng di forum Kaskus. Hingga akhirnya berhasil menjual ikan hias hingga ke luar negeri lho.

Ada lagi pemilik brand Vanilla Hijab, Atina Maulina. Tentunya kaum muslimah gak asing dengan brand Vanilla Hijab ini ya. Gimana gak, peminat brand ini banyak banget loh. Memulai usahanya dengan 0 rupiah, Atina memulai dengan cara memoto kain di pusat perbelanjaan kain Mayestik, dan mengunggahnya di instagra. Barulah ketik ada yang tertarik, Ia dan Kakaknya menjahit kain tersebut menjadi hijab.

Nah, kalo Bung dan Sis membaca kedua kisah di atas, semua bermula dari Online lho! Sayapun sudah memulainya, bisa Bung dan Sis check jualan online saya di sini.

Jadi, buat apa takut untuk mencoba berjualan online?

2. Menjadi Influencer Media Sosial

Beruntungnya kita yang hidup di era sekarang, adalah dengan hadirnya media sosial. Seiring berjalannya waktu, media sosial tidak hanya berfungsi sebagai penyambung silaturahmi semata, tapi bisa jadi lahan empuk untuk mencari tambahan penghasilan.

Gimana sih memanfaatkan media sosial yang kamu punya untuk bisa dapatkan tambahan?

Tentu kamu harus memiliki followers di media sosial yang cukup, agar brand bisa mempercayakan kamu sebagai influencer mereka. Contohnya instagram yang Saya punya, memiliki lebih dari 2000 followers, dan sudah cukup untuk mendapatkan peluang menjadi influencer. Ini disebut micro influencer, karena skalanya yang kecil. Kamu bisa cek instagram saya di sini.

Beberapa brand akan membuthkan micro influencer dalam jumlah banyak untuk menyukseskan campaign yang mereka punya. Micro influencer memang tidak seperti Influencer besar pada umumnya seperti Awkarin dan lain sebagainya, yang mana brand akan datang dengan sendirinya. Namun seorang micro influencer harus mencari sendiri di komunitas-komunitas micro influencer untuk bisa mengikuti campaign dan mendapatkan fee dari brand tertentu.

Tapi kamu bisa dapatin paling tidak 50 ribu rupiah sekali post, untuk unggahan tertentu. Memang tidak selalu dapat duit cash untuk hal ini, bisa jadi kamu dapat previllage khusus untuk menghadiri sebuah event dan mendapatkan goodie bag. Ya lumayan kan untuk tambahan plus bisa datang ke event secara gratis.

3. Menjadi Penulis

Blogging sudah ada sejak lama, dan menulis di blog masih jadi salah satu cara yang mengasyikkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bahkan, banyak blogger yang sudah total menjadi penulis karena penghasilan yang cukup besar. Ini tergantung seberapa bagus kualitas tulisanmu dan seberapa banyak tulisanmu tampil di halaman pertama kolom pencarian google.

Blogger menjadi salah satu profesi yang menyenangkan jika kamu adalah seorang yang hobi menulis. Kamu bisa mendaftarkan blog atau websitemu di google adsense agar mendapatkan penghasilan dari iklan. Ini tidak selalu berhasil lho.

Blog pun tidak selalu bisa dapat keuntungan dari iklan yang berasal dari google adsense. Tapi kamu bisa dapat iklan dari brand tertentu dengan cara menyisipkan iklan di dalam tulisanmu.

Sama halnya dengan Influencer Media Sosial, kamu juga bisa dapatkan keuntungan tertentu jika diundang sebuah brand menghadiri suatu event, atau press conference dan kamu bisa dapat fee atau goodie bag.

4. Menjadi Freelancer Online

freelacer online
Gambar oleh StartupStockPhotos dari Pixabay

Makin menjamurnya teknologi informasi dan sudah banyak masyarakat yang bisa mengakses internet, maka makin mudah kamu menciptakan peluang usaha sendiri. Jika kamu memiliki kemampuan dalam membuat design, membuat video, atau fotografi, kamu bisa menjadi seorang freelancer online.

Kamu bisa bekerja dari rumah, dan bertemu klien secara online, dan menghasilkan karya yang berujung pada penghasilan tambahan.

Salah satu website yang bisa kamu kunjungi dan menjadi freelancer di dalamnya adalah projects.co.id.

Di website ini kamu bisa mencari project yang sesuai dengan kompetensi kamu dan mendapatkan penghasilan sesuai dengan budget yang ada, bisa ditentukan oleh pembuat proyek atau kamu tentukan sendiri.

Nah, gimana Bung dan Sis, tertarik untuk mencari tambahan penghasilan di era teknologi sekarang. Yuk segera tentukan pilihanmu, dan selamat berkarya.

Semoga beranfaat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: