dua gelas minuman ringan

Dua Gelas Minuman Ringan Percepat Kematian

Tahukah kamu, dua gelas minuman diet memiliki dampak yang buruk bagi tubuh kita, bahkan berisiko kematian.

Studi dari WHO mengungkap dua gelas minuman diet sehari bisa meningkatkan risiko kematian dini. Studi ini melibatkan 450.000 orang dewasa di 10 negara – termasuk Inggris.

Risiko kematian lebih tinggi pada orang yang mengonsumsi minuman ringan dengan kandungan gula buatan daripada orang yang mengonsumi gula murni.

dua gelas minuman ringan tingkatkan risiko kematian
Minuman Ringan (rawpixel dari Pixabay)

Penelitian terbaru mengungkap mengonsumsi 2 gelas atau lebih minuman diet ukuran 250ml sehari, memiliki risiko 26 kali lebih tinggi meninggal dalam waktu 16 tahun ke depan (Dailymail).

Begitupun kematian akibat penyakit kardiovaskular naik 52 persen. Sama halnya, orang yang mengonsumsi 2 atau lebih minuman ringan sehari, risiko kematian dalam kurun waktu yang sama meningkat 8 persen.

Dr. Neil Murphy mengatakan, pihaknya menemukan ada kaitan antara konsumsi minuman ringan mengandung gula (pemanis buatan) dengan risiko kematian.

Merujuk pada penelitian sebelumnya, pemanis buatan dalam minuman diet dapat menimbulkan intoleransi glukosa dan memicu kadar insulin darah tinggi. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya risiko kematian.

Para peniliti menyarankan, alangkah baiknya menghilangkan minuman ringan dari daftar konsumsi harian kita, dan menggantinya dengan mengomsumsi air biasa saja.

Alternatif Minuman

Menghilangkan minuman diet atau minuman ringan mengandung gula buatan dalam daftar konsumsi harian tentu perlu mendapat perhatian.

Selain mengonsumsi air putih yang cukup sebagai alternatif, kamu juga bisa mengonsumsi kopi.

Kopi ternyata mampu menurunkan risiko parkinson dan diabetes tipe-2. Menurut Nutrisions, Kimberly Gomer, kopi dapat menurunkan risiko kematian akibat kanker.

dua gelas minuman - bungrizki
Ngopi Santai (Jill Wellington dari Pixabay)

BACA JUGA:Manfaat Kopi yang Harus Kamu Ketahui

Hal ini didasari sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 500 ribu orang.

Namun, tentu saja tidak berguna kalau kopi ditambah gula dan krim, karena menyebabkan kandungan sehat dari kopi terhapus begitu saja.

Alternatif minuman lainnya yang dapat kamu jadikan pilihan adalah teh hijau.

dua gelas minuman - bungrizki.com
Teh Hijau (apple deng dari Pixabay)

Teh hijau berasal dari Negeri Tirai Bambu, pertama kali dikonsumsi di masa pemerintahan Raja Shennong tahun 2737 SM.

Di Jepang, pertama kali teh hijau dibawa oleh seorang biksu bernama Myoan Eisai. Hingga kini teh hijau menjadi populer dan memiliki berbagai variasi dengan harga yang berbeda pula.

Minuman teh hijau dikenal sebagai minuman yang menyehatkan karena kandungan flavanoid yang merupakan zat antioksidan utama di dalam teh.

Teh juga mengandung kafein yang kadarnya tidak setinggi kopi. Kafein dikenal dapat mengurangi risikio kematian dini. Sehingga kamu bisa mengonsumsi teh sebagai minuman yang mengandung kafein, tanpa takut kecanduan seperti pada kopi.

Kalau kamu, tim kopi atau teh? Ketik di kolom komentar ya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: