Gundala (2019)

Fakta Menarik Gundala: Negeri Ini Butuh Patriot

Film superhero asli Indonesia Gundala sudah dirilis hari ini (29/08/2019), warganet antusias menyambut film patriot pertama dari Jagat Sinematik BumiLangit ini. Inilah 5 fakta menarik dari Film Gundala: Negeri Ini Butuh Patriot.

BACA JUGA: GO FAST! The Fate of The Furious Review

1. Cerita Film Gundala Berbeda dengan Versi Komiknya

komik gundala putra petir
sumber: twitter Sinemagerbanget

Komik klasik Gundala karya Hasmi terbit pertama kali tahun 1969. Tokoh komik Gundala Putra Petir terinspirasi dari kisah Ki Agung Selo yang memiliki kesaktian menangkap petir. Sedangkan kostum dari Gundala terinspirasi dari tokoh komik Flash Gordon.

Diceritakan di versi komiknya, Sancaka adalah seorang ilmuwan yang melakukan penelitian untuk menciptakan serum anti petir.

Hal ini berbeda dengan cerita di Film Gundala garapan Joko Anwar. Diceritakan dalam Film Gundala (2019), Sancaka adalah seorang yang berprofesi sebagai satpam di perusahaan penerbitan Koran The Djakarta Times. Sejak kecil, Sancaka memiliki ketakutan terhadap petir, karena ia menganggap petir selalu mengincarnya.

2. Gundala (2019) Melibatkan Banyak Pemain

Fakta menarik Gundala selanjutnya, Film garapan Joko Anwar ini termasuk film kolosal yang melibatkan banyak pemain. Tercatat 1800 pemain terlibat dalam penggarapan film ini, serta membutuhkan 70 lokasi untuk syuting dalam waktu 53 hari.

Berdasarkan pengalaman penulis menonton film ini, beberapa adegan paling terlihat banyak pemain adalah saat adegan kerusuhan di pabrik, di pasar, dan saat pembagian serum amoral.

Fakta Menarik Gundala
Sumber: detik hot

3. Kostum Mahal

Kostum Gundala (2019) dibuat di Los Angels, yang mana produsen kostum Gundala merupakan produsen yang sama dengan pembuat kostum tokoh Marvel, Daredevil. Perusahaan ini juga sempat membuat kostum Watchmen.

Pembuatan kostum menggunakan teknologi 3D scan yang mana Abimana menghabiskan waktu 7 hari untuk membuat kostum Gundala ini.

Fakta Menarik Gundala
Sumber: Ciayo

4. Lebih dari 1000 Fanart

Beberapa waktu yang lalu, jauh sebelum perilisan, Joko Anwar sempat memberikan kesempatan bagi para seniman dan kreator Indonesia untuk ikut serta dalam Gunda Fanart. Tercatat 1000 fanart yang masuk berdasarkan info dari twitter GundalaOfficial.

Diantaranya ada karya dari David Naif, dan juga Karya Ilustrator komik Marvel David Ross. Serta salah satu karya dari Is Yuniarto yang bergambar Gundala dalam bentuk Wayang.

Fakta Menarik Gundala
Sumber: Twitter @isyuniarto

5. Jangan Beranjak dulu Sebelum Selesai Film

SPOILER ALERT! Nah, ini yang menarik, fakta terakhir ini bikin kamu penasaran. Setelah menonton film ini, jangan beranjak dahulu sebelum sampai akhir. Karena ada clue-clue dan adegan yang bisa jadi membuat kamu terkagum-kagum.

Nah, belum nonton film ini? Segera nonton sekarang. Yuk apresiasi sineas-sineas Indonesia yang mulai bangkit dengan film-film berkualitas.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: