Ford Vs Ferrari

Ford v Ferrari, Bukan Sekedar Film Action

Dunia otomotif terutama mobil memang ga lepas dari tampilan keren dan ketangguhan mesin. Sebut saja dua merk mobil Ford dan Ferrari. Keduanya memiliki produk mobil yang gak hanya tampil keren, tapi juga punya produk yang dirancang tangguh dalam balapan. Cerita keduanya dikisahkan dalam film Ford v Ferrari yang dirilis 15 November 2019.

Hai Bung dan Sis.

Kali ini Saya dapat kesempatan menonton premiere lagi. Ford v Ferrari, film yang baru tayang perdana 15 November ini ternyata cukup menarik.

BACA JUGA: Go Fast! (The Fate of The Furious Review)

Sinopsis

Ford Vs Ferrari
foxmovies.com

Film ini bercerita mengenai Ford Motor Company (FCM) yang berniat membeli Ferrari. Namun, Ferrari menolaknya karena Ford juga akan membeli Scuderia Ferrari yang mana merupakan divisi yang bergerak di bidang mobil balap.

Henry Ford II geram karena penolakan Ferrari, yang tidak hanya menolak, tapi juga menghina Ford.

Henry Ford II akhirnya meminta timnya untuk mencari insinyur mesin yang bisa membuatkannya mobil balap tangguh dan mampu mengalahkan kecepatan mobil Ferrari.

Lalu, tim Ford bertemu Carroll Shelby. Ia ditawarkan untuk mengerjakan proyek ini dengan bayaran yang cukup tinggi.

Shelby turut serta mengajak Ken Miles, seorang pebalap yang handal, namun rebel. Tujuan dari pembuatan proyek ini adalah ikut serta dalam balapan Le Mans, dan mengalahkan Ferrari.

Tentu saja semua tak berjalan mulus, banyak rintangan yang dihadapi. Termasuk jegalan dari pimpinan divisi balapan, Leo yang tak suka dengan Ken Miles dan Shelby.

Salah satunya adalah, awalnya Ken Miles tidak diizinkan ikut dalam balapan Le Mans. Hingga akhirnya Shelby memanfaatkan kesempatan ketika Henry Ford II berkunjung ke pabrik Shelby untuk melihat mobil buatannya yang akan dipakai balapan.

Shelby turut serta mengajak Henry Ford merasakan langsung kecepatan mobilnya. Saat ini pula, kesempatan Shelby merayu Henry Ford II untuk membolehkan Miles masuk dalam tim balap.

Singkat cerita, dalam balapan 24 jam di Le Mans, tim Ford menang secara bersamaan. Meskipun, ada unsur penipuan yang dilakukan Leo dengan mengatakan bahwa Miles harus menurunkan kecepatannya agar 3 pebalap Ford masuk garis finish secara bersamaan untuk keperluan dokumentasi.

Meski Miles lebih dulu memimpin, namun ternyata ia tidak menempati urutan pertama. Meski begitu, bos Ferrari tetap angkat topi kepada Miles yang telah mengalahkan tim Ferrari. Di akhir cerita, diceritakan Ken Miles mengalami kecelakaan akibat rem yang blong saat mencoba mobil balapnya dan mengakibatkan Ken meninggal.

Akting Memukau Para Pemain

Ya gak diragukan lagi ya akting dari pemain film Hollywood. Saya tertarik dengan akting Christian Bale yang mampu memerankan sosok Ken Miles yang bandel dan emosian, namun tetap memiliki perasaan.

Begitupun Matt Damon yang terlihat sekali sosoknya sebagai orang yang cerdas dan bersahabat.

Ford v Ferrari ini film yang bukan sekedar film action, namun juga ada kisah yang menarik di dalamnya.

Terlihat sekali persahabatan yang erat antara Shelby dan Ken meski mereka sering berbeda pendapat. Di bagian akhir, Saya sempet terenyuh melihat adegan ketika Shelby mengunjungi rumah Ken, dan bertemu Peter (anak Ken).

Terasa sekali bahwa Shelby sangat kehilangan sahabatnya yang telah berjasa menyukseskan proyeknya.

Pelajaran Penting

Film yang berlatar tahun 60an ini, dibintangi Matt Damon sebagai Carroll Shelby seorang perancang otomotif ternama Amerika dan juga Christian Bale sebagai Ken Miles, seorang teknisi yang juga seorang pebalap, serta disutradarai oleh James Mangold.

Ford v Ferrari ini Saya pikir tak hanya menghibur, tapi memiliki beberapa pelajaran penting di dalamnya.

Saya jadi mengetahui seluk beluk balapan mobil. Bagaimana Ford bersaing dengan Ferrari, dan juga kisah persahabatan Shelby dan Miles.

Tentu saja setiap hal, pasti tidak sepenuhnya berjalan mulus, ada saja orang yang tak ingin melihat kita sukes. Namun, hal tersebut tentu saja sebaiknya tidak mematahkan semangat kita untuk membuktinya, bahwa kita mampu.

Leave a Reply

%d bloggers like this: