foto makanan instagramable

Foto Makanan Instagramable dengan Handphone

Instagram sudah menjadi salah satu media sosial yang sering digunakan. Tren konten foto makanan instagramable juga menjadi umum di kalangan netizen.

Tapi tidak semua foto makanan yang beredar di instagram, menarik untuk dilihat. Terus gimana sih supaya foto makanan terlihat menarik?

Nah, kali ini Saya akan bercerita mengenai cara memaksimalkan handpone kamu untuk memotret makanan atau produk lainnya, dan bisa menjual.

BACA JUGA: Foto Keren Meski di Kondisi Low Light

Sabtu lalu, 14 September 2019, Genesis Svargaloka Bantul menyelenggarakan Genesis #MeetUp2. Kali ini membahas mengenai cara memaksimalkan smartphone untuk foto produk bagi UKM.

Dalam meetup ini, hadir sebagai narasumber Yogie Bowie, yang merupakan fotografer profesional. Yogie Bowie juga seorang praktisi smartphone photography. Beberapa karyanya menggunakan handphone sebagai alat potret.

Tulisan ini merupakan rangkuman materi dan juga hasil praktek penulis dari workshop tersebut.

Sebelum memulai memotret, maka mari kita ketahui dulu apa yang harus dilakukan. Setidaknya ada enam hal yang perlu kamu ketahui dan persiapkan sebelum memotret makanan.

persiapan foto makanan instagramable
PERSIAPAN (Gambar oleh Ryan McGuire dari Pixabay)

BERSIHKAN LENSA

Pastikan lensa kamera handphone Kamu terbebas dari kotoran apapun. Seperti sidik jari, minyak, debu, dan lainnya.

Mengapa sih harus membersihkan lensa kamera ponsel?

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir tidak fokusnya kamera terhadap obyek. Kalau foto yang kamu ambil agak blur dan tidak fokus, maka wajib dicek apakah lensa kamera kamu bersih dari kotoran.

Menurut Bowie, cara membersihkannya adalah menggunakan kain combed 30s, misalkan kaos, atau bahan lain yang serat kainnya lembut. Ini bertujuan untuk menghindari goresan pada lensa.

Sebaiknya hindari menggunakan tisu, karena tisu pada dasarnya terbuat dari serat kayu, sehingga ada kemungkinan menimbulkan goresan-goresan pada lensa. Kemudian, pastikan membersihkan lensanya secara searah.

Bagaimana dengan pinggiran kamera?

foto makanan instagramable
Gambar oleh Wilfried Pohnke dari Pixabay

Untuk membersihkan pinggiran kamera hp, kamu bisa menggunakan sikat halus atau cotton bud. Ini berfungsi menghilangkan debu-debu dan kotoran lain yang menempel. Bersihkan secara perlahan agar tidak menimbulkan goresan.

GANJAL HP KAMU

Persiapan yang perlu dilakukan berikutnya adalah menambahkan padding (ganjalan) di casing hp kamu. Ini bersifat jangka panjang. Dengan menambah item tersebut, maka ini akan mengantisipasi kamera hp terkena goresan ketika meletakkannya sembarang tempat.

foto makanan instagramable - bungrizki.com
Foto: @dopayucase

PERHATIKAN PENCAHAYAAN

Pencahayaan sangat mutlak diperlukan untuk memotret obyek dengan menggunakan ponsel.

Hal ini sebenarnya berlaku juga dengan device apapun. Namun, karena ponsel yang tidak diciptakan khusus untuk memotret, maka perlu diperhatikan mengenai pencahayaan.

Dengan keterbatasan pencahayaan, maka ponsel kamu akan sulit menangkap obyek yang ada.

Cahaya alami dari matahari sangat dianjurkan untuk memotret produk terutama makanan. Tetapi, perlu diperhatikan juga waktu-waktunya.

Waktu yang baik adalah pagi dan sore hari. Untuk pagi hari, kamu bisa memotret pada jam 6 hingga 9 pagi. Jam tersebut cocok bagi produk yang berwarna pink, ungu, hijau, biru dan fuschia dan warna turunannya.

Mengapa? Karena pada jam tersebut akan membantu menghasilkan warna produk yang lebih alami.

Di sore hari, disarankan memotret pada jam 15 hingga 17. Karena pada jam tersebut, warna yang dipendarkan dari cahaya matahari adalah merah, cokelat, kuning, emas, orange dan turunannya.

Lalu gimana kalau di dalam ruangan?

Untuk foto di dalam ruangan tentu memerlukan pencahayaan tambahan. Pilih lampu yang memendarkan cahaya sesuai dengan kebutuhan.

Contoh Pendaran Cahaya

Cara mengecek warna pendaran cahaya dari lampu adalah dengan membuka aplikasi kamera, kemudian arahkan ke lampu. Nah dari situ akan terlihat, lampu tersebut memendarkan cahaya warna apa.

Biasanya lampu LED akan menghasilkan pendaran cahaya agak kebiruan. Sedangkan bohlam, akan memendarkan cahaya kuning.

STOP GUNAKAN FLASH

Untuk menghasilkan foto yang bagus, pastikan bahwa flash di kamera hp anda dalam posisi nonaktif. Karena menggunakan flash akan membuat obyek tidak natural, dan warna akan berubah. Lihat perbandingannya pada foto berikut.

STOP ZOOMING

Kelemahan gawai adalah tidak mampu menangkap secara jelas obyek dari jauh. Jika di zoom, maka resolusi gambar akan pecah dan ini menyebabkan hasil yang kurang jelas.

Sebisa mungkin arahkan gawai dekat dengan obyek. Jika diperlukan, maka dapat melakukan pemotongan (cropping), jika obyek kurang dekat.

PERHATIKAN KOMPOSISI

Ini adalah dasar dari fotografi dengan kamera apapun. Karena obyek yang kita tangkap dengan komposisi tertentu, maka akan terlihat jauh lebih menarik daripada hanya di tengah.

Rumusnya adalah 1/3 isi dan 2/3 kosong, atau 1/3 kosong dan 2/3 isi. Yang dimaksud adalah isi adalah obyek foto tersebut (obyek utama) dan kosong adalah area yang ada di sekitar obyek (bisa merupakan obyek pendukung).

Untuk mengatur komposisi, kita bisa menggunakan grid line atau garis bantuan yang ada di kamera.

Nah itu tadi enam hal yang perlu kamu ketahui sebelum memotret makanan atau produk lain untuk kebutuhan jualan. Informasi ini bisa kamu jadikan sebagai panduan tidak hanyak untuk foto produk, tapi juga foto makanan instagramable untuk kebutuhan eksis kamu.

foto makanan instagramable
contoh foto dengan komposisi

Yuk aplikasikan info ini di karya kamu, supaya bisa membuat foto makanan instagramable dan kece. Semangat berkarya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: