Serunya Nyobain Golf

Main Golf Gratis di Hotel Mahal di Yogyakarta

Kali ini Saya berkesempatan nyobain bermain golf gratis di hotel Hyatt Yogyakarta. Kesempatan langka yang gak semua orang bisa mencobanya permainan ini.

Pada tanggal 21 Mei 2019 Saya berkesempatan mencoba langsung bagaimana cara dan teknik yang harus dipahami ketika melakukan permainan ini.

Perkenalan Permainan Golf

Sebelum Saya menceritakan bagaimana pengalaman Saya ketika bermain golf, kita berkenalan dulu dengan Golf. Beberapa sumber yang Saya baca menyebutkan bahwa Golf pertama kali dimainkan sekitar tahun 1100an. Permainan ini disebutkan berasal dari Skotlandia.

Sumber lain menyebutkan bahwa sebelum dikenal di Skotlandia, permainan ini sebenarnya berasal dari China yang kemudian diperkenalkan ke Eropa termasuk ke Skotlandia.

Bola Golf bungrizki.com
Bola Golf (bungrizki.com)

Setelah Kita sedikit mengenal Golf, maka saatnya Saya memberikan pengalaman Saya bagaimana rasanya bermain golf.

Kesempatan ini Saya dapatkan ketika menghadiri undangan media gathering yang diadakan Hotel Hyatt Yogyakarta. Hotel ini terletak di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Panggung Sari, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kebetulan pada saat ini adalah Bulan Ramadhan, sehingga pihak Hotel mengundang media untuk buka bersama sekaligus memperkenalkan kegiatan yang ada di Hotel Hyatt Yogyakarta selama ramadhan.

Salah satu kegiatan di Hotel Hyatt Yogyakarta adalah Workshop Ngabuburit. Jadi, ini merupakan rangkaian acara dari Hotel Hyatt Yogyakarta dalam mengisi Bulan Ramadhan ini.

Workshop ini terdiri dari beberapa kegiatan, misal sebut saja cooking class, merangkai bunga, dan fun golf. Pengunjung yang hadir ataupun masyarakat umum dapat memilih kegiatan workshop apa yang ingin diikuti untuk mengisi waktu ngabuburit menunggu berbuka puasa.

Main Golf yang merupakan salah satu pilihan dalam workshop sebenarnya dikenakan biaya, namun karena Saya merupakan perwakilan media, maka Saya bisa mencoba main golf gratis.

Sedangkan untuk berbuka puasa, Hotel Hyatt Yogyakarta menghadirkan Pasar Ramadhan sebagai tema besar sajian buka puasa di sini. Sedikit gambaran, pasar ramadhan ini menyajikan konsep seperti pasar ramadhan yang biasa kita lihat.

Pengunjung hotel maupun masyarakat umum juga bisa menikmati hidangan di pasar ramadhan dengan harga mulai 150ribu Rupiah per pack.

Bermain Golf

Sebagai perwakilan salah satu media, Saya memilih fun golf untuk mengisi waktu ngabuburit berbuka puasa bersama media di Hotel Hyatt. Workshop ini saya pilih karena memang Saya belum pernah merasakan langsung bagaimana sensasi bermain golf. Tentu kesempatan yang datang ke Saya tidak mungkin Saya sia-siakan.

Pertama, peserta workshop akan diajak mengenal lapangan golf, lapangan golf Hyatt Yogyakarta ini memiliki luas sekitar 22 hektar, dengan 9 hole dan 30 par. Kemudian, peserta diperkenalkan dengan alat permainan golf yang terdiri dari stick dan bola. Serta diajarkan pula bagaimana memegang stick, mengarahkan bola, serta teknis posisi tubuh ketika akan memukul bola.

Serunya Nyobain Golf
Area Latihan Golf (bungrizki.com)

Pada tahap awal, coach akan mendampingi peserta di area latihan. Di sini, akan diajarkan bagaimana memukul bola dengan jarak pendek. Stick yang digunakan berbeda dengan stick yang digunakan untuk memukul bola pada pukulan pertama. Tekniknya sedikit mirip hanya kekuatan pukulannya saja yang berbeda.

Setelah beberapa saat merasakan bagaimana memukul bola dengan jarak pendek, para peserta diajak untuk beralih ke lapangan yang digunakan untuk pukulan pertama.

Ternyata, dalam bermain golf, tak bisa sembarang asal pukul. Beberapa teknik yang Saya pelajari dari coach adalah, lutut agak menekuk, kemudian posisi tangan kiri menggenggam stick di posisi atas, sedangkan tangan kanan di bawahnya.

Saat akan melakukan pukulan, maka arahkan stick ke atas, hingga tangan kiri lurus dan tangan kanan menekuk. Fokuskan pandangan pada bola, baru bisa melakukan pukulan.

Pertama melakukannya, Saya merasa kebingungan, karena bola tidak terlontar jauh. Baru pada percobaan ketiga Saya berhasil melontarkan bola jauh, ya meskipun masih belum sempurna.

Setelah diajarkan untuk melakukan pukulan pertama, maka peserta dipersilahkan untuk melakukan latihan pukulan sepuas-puasnya. Bersamaan dengan ini, selesai sudah workshop fun golf di Hotel Hyatt Yogyakarta.

Sekedar informasi, tarif berlatih golf di Hotel Hyatt Yogyakarta ini berkisar mulai dari 400ribuan Rupiah.

Leave a Reply

%d bloggers like this: