Manfaat Kopi - bungrizki.com

Manfaat Kopi yang Harus Kamu Ketahui

Kopi dikenal sebagai biji-bijian yang dijadikan minuman. Manfaat kopi dipercaya bisa membuat kamu gak ngantuk. Apalagi, kalau harus mengerjakan tugas yang menuntut kamu bekerja malam hari. Nah, sebelum mengetahui manfaat lainnya apa saja, kita mengenal sedikit sejarahnya yuk.

Kompas memberitakan, kopi ditemukan di Ethiopia pada pergantian abad ke IX. Saat ini, dataran tinggi di Ethiopia dianggap sebagai tempat kelahiran kopi.

Manfaat Kopi - bungrizki.com
Gambar oleh Arek Socha dari Pixabay

Pada abad ke XVI, kopi mulai dikenal di sebagian kecil Asia, Syria, Mesir, dan Eropa Selatan. Hal ini terjadi berkat perluasan Kekaisaran Ottoman. Sejarahnya cukup panjang hingga akhirnya kopi bisa menjadi minuman yang disukai di seluruh dunia.

Lalu, apa sajakah manfaat kopi lainnya? Berikut rangkumannya.

BACA JUGA: Nikmatnya Buka Puasa dengan Mie Ayam Santika

Kopi Bisa Menenangkan

manfaat kopi, relaksasi - bungrizki
Gambar oleh Jill Wellington dari Pixabay

Selain memberikan efek membangkitkan energi, kopi juga bermanfaat untuk membuat kulit rileks lho. Seperti ditulis di wolipop, kopi bisa diaplikasikan kulit dalam bentuk masker yang dapat membuat tubuh kita rileks. Ini karena kandungan antioksidan dalam kopi.

Mengurangi Pembengkakan pada Mata

Kopi juga bisa dijadikan produk perawatan untuk mengurangi pembengkakan pada mata kamu. Kamu bisa membuat beberapa es batu yang terbuat dari cairan kopi, lalu usap secara halus di sekitar mata kamu. Ini juga akan meningkatkan kadar antioksidan dan melindungi kulit dari sinar UV-B yang berbahaya.

Selain itu, ternyata kopi juga baik untuk perawatan rambut dan kulit kepala kamu lho. Kandungan nutrisi dalam kopi ini berguna juga untuk memberikan nutrisi pada rambut dan kulit kepala kamu.

Kamu bisa menggunakan setengah cangkir bubuk kopi, lalu usapkan pada rambut kamu yang telah dibasahi air. Lakukan pemijatan secara perlahan, dan diamkan selama kurang lebih dua menit. Lakukan pembilasan dan gunakan shampo serta kondisioner favorit kamu (sumber: Lynne Evans).

Menghaluskan dan Mencerahkan

CNN menuliskan, kandungan antioksidan dalam kopi dalam mengembalikan kesegaran kulit. Produksi kolagen meningkat, kulit terhidrasi dengan baik, dan membuat kulit lebih elastis dengan kopi.

Kopi juga bisa membantu melancarkan peredaran darah pada kulit, sehingga kulit terjaga kesehatan dan kesegarannya.

Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan tidak hanya menggunakan kopi sebagai masker, tapi juga bisa menggunakannya sebagai scrub di tubuh kamu.

Kopi membuat Pintar dan Panjang Umur

Nah, bagian ini pasti kamu suka. Sebuah penelitian di Universitas Harvard menyatakan, kafein dapat membantu otak lebih banyak dan lebih lama mengingat informasi.

Penelitian dari Universitas John Hopkins juga membenarkan, bahwa kafein dapat meningkatkan daya ingat jangka panjang.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine menemukan, minum kopi secara siginifikan 2-4 cangkir kopi sehari memiliki 18 persen kemungkinan meninggal lebih rendah, dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Nah itu tadi rangkuman beberapa manfaat dari kopi. Gak hanya menjadi minuman yang banyak menjadi favorit di berbagai belahan dunia, tapi juga bisa jadi bermanfaat bagi tubuh kita.

Sudah minum kopi hari ini?

Leave a Reply

%d bloggers like this: