Pentingnya Punya Website

Pentingnya Punya Website untuk Bisnis Online

Punya bisnis online sudah menjadi tren di Indonesia. Mulai dari jualan kaos kaki, sampai jualan produk yang diekspor. Banyaknya peluang bisnis online tentu membuat kita dapat mempertimbangkan pentingnya punya website.

Bisnis online menjadi digandrungi karena banyaknya warga yang sudah melek internet.

Pada tahun 2018 PBB merilis sebuah data pengguna internet di dunia. Data tersebut menunjukkan bahwa pengguna internet di seluruh dunia mencapai 3,9 miliar orang atau lebih dari setengah populasi penduduk dunia. Wow!

Angka ini tentu akan terus bertambah seiring kemajuan teknologi dan kecepatan internet. Bagaimana dengan pengguna internet di Indonesia?

Pengguna Internet di Indonesia

Sebuah studi dari Polling Indonesia dan APJII (Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia) menyebut, pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan pada 2018 lalu. Pengguna internet tumbuh 10,12 persen.

Angka ini didapat dari survey yang melibatkan 5900 sampel dengan margin of error 1,28 persen. Hasilnya, dari total populasi sebanyak 264 juta jiwa, sebanyak 171, 17 juta jiwa atau 64,8 persennya sudah melek internet.

Pentingnya Punya Website - bungrizki.com
Sumber: APJII
Pentingnya Punya Website - bungrizki.com
Sumber: APJII

Dari data yang dirilis APJII juga disebutkan rentang usia pengguna internet di Indonesia. Peringkat 3 besar usia pengguna internet tertinggi adalah usia 15-19 tahun yang mencapai 91%, usia 20-24 tahun sebanyak 88,5%, dan 25-29 tahun sebanyak 82,7%. Kamu masuk diantaranya?

Peluang Berjualan Online

Semakin meningkatnya orang yang terhubung dengan internet, maka sebagai pebisnis makin besar pula peluang yang bisa kita dapatkan dengan berjualan online.

Apa saja sih yang bisa dijual secara online?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa berbagai macam produk sudah masuk ke ranah penjualan online. Mulai dari barang kebutuhan sehari-hari, barang ekspor impor, bahkan jasa juga bisa dijual secara online.

BACA JUGA: Cara Dapat Uang Tambahan di Era Teknologi Informasi

Setiap orang bebas melakukan kegiatan transaksi jual beli online. Mudahnya akses internet, membuat kita menjadi gampang mencari produk yang kita inginkan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Apalagi dengan banyaknya alternatif pembayaran, sehingga bisa leluasa melakukan transaksi tanpa harus bertatap muka.

Namun, yang perlu diperhatikan kita harus tetap waspada dengan ancaman yang bisa saja terjadi. Penipuan online juga marak terjadi dan menjadi salah satu kekhawatiran ketika akan melakukan transaksi belanja online.

Dengan melakukan riset kecil sebelum bertransaksi, kamu bisa meminimalisir terjadinya penipuan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya alamat yang jelas, reputasi penjual, dan ketersediaan website dari online store tersebut.

Penggunaan Website dalam Bisnis Online

pentingnya punya website
Gambar oleh Mudassar Iqbal dari Pixabay

Guna menghindari kekhawatiran pembeli terhadap penipuan, inilah mengapa sebagai penjual kita harus mengetahui betapa pentingnya punya website.

Menurut Wikipedia, website pertama kali ditemukan tahun 1991. Pada awalnya website dibuat sebagai alat komunikasi dan bertukar informasi pada sesama pekerja.

Hingga saat ini website masih menjadi sarana beromunikasi dan bertukar informasi secara luas. Hanya saja menjadi tidak terbatas pada satu komunitas, dan tanpa batasan area.

Pembuatan Website

Pada dasarnya, membuat website itu cukup mudah. Bahkan bagi yang tidak memiliki kemampuan dalam membuat website.

Saat ini kita dimudahkan dengan banyaknya penyedia jasa pembuatan website dengan harga yang cukup terjangkau. Kamu tinggal menentukan berapa budget yang kamu inginkan, dan seperti apa website impian kamu.

Jika kamu ingin lebih hemat dalam pembuatan website, kamu juga bisa membangun website sendiri. Kamu cukup membeli hosting dan domain dengan nama bisnis kamu.

Di Indonesia sendiri juga sudah terdapat penyedia Hosting Indonesia yang menawarkan paket hosting sesuai dengan kebutuhan website kamu.

Hal lain yang tak kalah penting dalam membangun website adalah domain. Beli domain juga kini lebih gampang dengan hadirnya penyedia hosting dan domain yang ada di Indonesia. Jadi gak perlu kesulitan dalam transaksi pembayaran menggunakan kartu kredit jika kamu tidak memilikinya.

Bagi kamu yang berjualan online, pada dasarnya kamu bisa menggunakan website e-commerce yang sudah banyak di Indonesia. Namun, disarankan mempunyai website atau toko online sendiri sesuai dengan nama bisnis kamu. Hal ini meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kamu.

Mengapa Harus Website?

SWA menuliskan ada 6 alasan pentingnya punya website dan pengaruhnya terhadap bisnis.

  • Sarana Penjualan Produk

Kalau kamu punya produk atau jasa yang ingin ditawarkan, maka website menjadi penting untuk dimiliki. Karena di website, kamu bisa menyajikan informasi lengkap mengenai produk atau jasa yang kamu punya. Hal ini juga meningkatkan peluang bisnismu dikenal lebih luas di masyarakat.

  • Mempermudah Komunikasi
pentingnya punya website
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Website memudahkan kita terhubung dengan klien atau calon pembeli. Apalagi dengan hadirnya fitur chat sehingga calonpembeli akan mudah menghubungi kamu jika tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.

  • Meningkatkan Kepercayaan

Dengan adanya website resmi, maka pelanggan akan lebih percaya terhadap kebenaran produk kamu. Dari survey, menunjukkan 34% pelanggan batal bertransaksi karena tidak percaya dengan reputasi perusahaan tersebut.

  • Sarana Publikasi Resmi

Jika perusahaan kamu punya informasi resmi, maka kamu bisa memasangnya di website. Misalkan bisnismu sedang menyelenggarakan undian, dan informasi pemenang bisa dipasang di website. Hal ini juga bisa menghemat biaya pengeluaran iklan.

  • Branding

Branding sekarang bisa dilakukan melalui website. Apalagi dengan dukungan tampilan yang bagus dan memiliki ciri khas serta unik.

  • Kemudahan Memberi Informasi

Dengan adanya website, kamu bisa dengan mudah memperbarui informasi perusahaanmu. Misalkan, kamu sedang mengadakan promo harga khusus atau jadwal event tertentu. Sehingga pembeli akan lebih mudah mengakses informasi tersebut dimanapun.

Nah, dengan hadirnya internet kita patut bersyukur. Peluang lebih banyak bisa didapatkan dan produk yang kita miliki bisa menjangkau pasar lebih luas.

Pengguna internet di Indonesia diprediksi akan semakin meningkat beberapa tahun ke depan. Katadata menyebut, tahun 2023 diproyeksikan mencapai 150 juta pengguna.

Jadi, masih ragu untuk membuat website?

Leave a Reply

%d bloggers like this: